Selasa, 19 Februari 2013

Harga Beras Di Depok Mahal

DEPOK - Harga beras di sejumlah pasar tradisional dan pedagang eceran di Depok naik signifikan. Salah satunya di Pasar Depok Jaya harga beras bahkan ada yang mencapai Rp12 ribu per liter.

Hal itu pun dikeluhkan oleh salah satu konsumen, Rahayu warga Cipayung, Depok. Biasanya, ia membeli beras kualitas sedang dengan harga Rp7.000, namun kini tak ditemukan lagi di pedagang.

"Saya biasa beli beras Rp7 ribu, tapi ini enggak ada lagi, mahal-mahal, ada yang Rp12 ribu malah, paling murah Rp8.500 per liter," tuturnya kepada Okezone, Minggu (13/1/2013).

Para pedagang mengaku kenaikan harga dipengaruhi musim hujan dimana banyak sawah petani terendam banjir. "Saya mau cari yang Rp7 ribu tapi warnanya kuning, akhirnya saya beli di pedagang eceran di luar ada yang Rp7.500 tapi kualitasnya enggak begiti bagus," jelas Rahayu.

Sementara itu  Kepala TU Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok Bambang Pamungkas mengatakan harga beras dan turunannya (nasi matang) mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap inflasi di Kota Depok. Ia menambahkan, biasanya beras selalu mengalami kenaikan harga saat awal tahun dan mendekati Lebaran.

Menurutnya, kebutuhan Beras di Depok sekira 97 persen di datangkan dari berbagai daerah. "Salah satu penyebab kenaikan harga di antaranya faktor cuaca atau curah hujan cukup tinggi dan berujung pada gagalnya panen padi," tandas Bambang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar